Wed. Oct 23rd, 2019

Lomba Bidar – Perahu Hias Meriahkan HUT RI ke 74 di Palembang

2 min read

Berbagai perlombaan digelar untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke 74 tahun, salah satunya lomba perahu bidar tradisional dan perahu hias yang diadakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Pariwisata kota Palembang.

Tampak antusias masyarakat Kota Palembang cukup besar menyambut berbagai lomba tersebut, terlihat dari ribuan masyarakat Kota Palembang yang memenuhi pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) untuk menonton lomba bidar dan perahu hias, Sabtu (17/8/2019).

Lomba bidar dan perahu hias ini telah menjadi agenda rutin yang diadakan setiap tahunnya. Sebab, kegiatan ini juga digelar untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke Palembang.

“Lomba bidar dan perahu hias ini rutin dilaksanakan setiap 17 Agustus untuk memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia,” ujar Wali Kota Palembang, Harnojoyo saat menyaksikan lomba tersebut.

Lomba perahu bidar tersebut juga bermuatan pesan, agar masyarakat terus menjaga Sungai Musi sebagai salah satu tulang punggung perekonomian Kota Palembang, sekaligus sumber air baku untuk 1,4 juta jiwa penduduk Palembang.

“Sungai Musi akan jadi baik karena kita dan Sungai Musi akan jadi tidak baik itupun karena kita. Maka dari itu, kalau kita memberikan yang terbaik (tidak mengotori) Sungai, Insya Allah, sungai akan memberikan yang baik pula,” terangnya.

Ia juga mengatakan, lomba bidar dan perahu hias merupakan salah satu kebudayaan Palembang yang harus dilestarikan. Serta sebagai daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke Palembang.

“Kedepan kami ingin mengundang negara-negara sahabat agar ikut berpartisipasi, baik sebagai peserta maupun penonton. Tentu saja aspek-aspek yang terkait pelaksanaannya akan kami kembangkan lagi,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Palembang, Isnaini menambahkan, kegiatan ini akan menjadi kalender event Dispar setiap tahunnya.
Kegiatan ini juga bertujuan, untuk mewujudkan visi-misi Kota Palembang, selain mengangkat budaya, sekaligus mempromosikan Kota Palembang, baik di dalam maupun luar negeri.

“Kita harapkan ini masuk kedalam kalender Dispar dan menjadi event tahunan dan kita tarik wisatawan melalui even ini dan harus di lestarikan,” tukasnya.

Keluar sebagai juara pertama bidar tradisional yakni, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir, juara dua Dinas ESDM Provinsi Sumsel, dan juara ketiga diraih oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin.

Untuk perahu motor hias antar kecamatan, yakni juara diraih oleh Kecamatan Sematang Borang, juara dua Kecamatan Ilir Timur (IT) – dan Kalidoni, dan juara tiga diraih oleh Kecamatan Seberang Ulu II – Plaju. Sementara untuk lomba parade perahu hias antar BUMN – BUMD, juara pertama direbut Bank Sumsel Babel, juara kedua PDAM Tirta Musi Palembang, dan juara ketiga PT Semen Baturaja.
(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Harnojoyo | Newsphere by AF themes.